Istilah brand image adalah saduran kata dari Bahasa Inggris yang ketika diartikan didalam Bahasa Indonesia dan disadur artinya adalah sebuah citra merek. Brand image sendiri memiliki arti sebagai sebuah upaya pengelolaan suatu merek agar mendapat kesan mendalam dan positif dimata konsumen. Pengertian lainnya, citra merek merupakan sebuah pandangan atau penggambaran suatu merek saat pelanggan memikirkan suatu produk atau brand.
Normalnya jika suatu bisnis, produk atau jenis layanan mendapatkan citra merek yang baik maka tingkat pembelian akan naik dan akan menjadi top of mind saat pelanggan memikirkan barang atau layanan. Oleh sebab itu menjadi penting sekali bagi pebisnis mempertahankan image dari mereknya tetap dalam status positif. Singkatnya, konsumen akan memiliki perspektif yang positif terhadap suatu produk berdasarkan kualitas yang disajikan.
Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan brand image bisnismu. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan.
Membuat Desain Logo Menarik
Tips pertama adalah membuat logo perusahaan yang menarik, unik, kekinian dan sesuai selera pasar. Logo yang menarik dan pengemasan produk yang baik sangat optimal untuk menaikan branding atau status produk di mata konsumen.
Jika kesulitan, kamu bisa menggunakan jasa desain logo profesional untuk membantumu menciptakan logo sebagai brand identity bisnismu.
Melakukan Kampanye Iklan dan Promosi Berkelanjutan
Tips kedua untuk menaikan citra merek adalah dengan melakukan kampanye iklan atau promosi berkelanjutan. Langkah ini menjadi poin yang sangat krusial untuk mengenalkan merek pada calon konsumen. Jangan bosan dalam membuat iklan dan promosi agar dapat menjangkau berbagai kalangan secara konsisten.
Meski mungkin saja pada awal pergerakannya kurang mendapatkan atensi dan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, namun harus tetap konsisten melakukannya.
Gunakan Laman Media Sosial Untuk Berinteraksi dengan Konsumen
Pada era teknologi dan media sosial ini maka pelaku bisnis jangan sampai ketinggalan memanfaatkan kecanggihannya. Buat dan gunakanlah laman media sosial untuk berinteraksi dengan konsumen secara nyata.
Misalnya dengan membuat Instagram atau website, kemudian buat layanan admin guna menjawab pertanyaan atau keluhan konsumen. Usahakan secepat mungkin dalam memberikan respon dan jangan biarkan konsumen menunggu.
Tingkatkan Kualitas Produk dan Layanan
Selain melakukan berbagai tips eksternal diatas, wajib juga para pebisnis memperhatikan hal-hal internal. Salah satunya yaitu senantiasa meningkatkan kualitas produk serta layanan, sehingga konsumen akan semakin percaya menggunakan produk yang ditawarkan.
Jangan sampai terlena melakukan promosi dan mengembangkan penjualan namun mengabaikan kualitas produk atau layanan bisnismu!
Bekerjasama dengan Influencer
Menggunakan kekuatan influencer juga bisa menjadi salah satu tips yang paling segar dan inovatif untuk dilakukan pada saat ini. Para influencer baik dengan platform Instagram, Youtube, Tik-tok atau laman media sosial lainnya biasanya memiliki pengikut atau followers cukup banyak yang tentunya bisa menjadi calon konsumen.
Pemilik bisnis bisa bekerjasama dengan influencer untuk meng-endorse produk yang dijual, memberikan review, dan mengajak pengikutnya melakukan pembelian pada produk yang dimaksud. Namun, perhatikan juga bahwa Anda harus memilih influencer yang cocok dan relevan dengan bidang bisnis kamu.
Konsisten Menaikan Mutu dan Berkembang Menjadi Lebih Baik
Untuk mengelola dan menaikan kualitas produk atau layanan jangan hanya dilakukan sekali atau seperlunya saja. Pastikan untuk konsisten menaikan mutu dan berkembang menjadi lebih baik setiap harinya lewat perencanaan yang matang.
Tujukan perkembangan tersebut untuk kepuasan konsumen sembari terus melakukan promosi tambahan!