
Membangun sebuah brand juga sangat penting untuk kamu yang akan memulai suatu bisnis. Salah satu cara membangun brand yaitu dengan menciptakan logo yang berkualitas sebagai bentuk identitas visual suatu brand.
Logo merupakan representasi dari perusahaan dalam mendefinisikan identitas dan visi misinya. Dengan adanya sebuah logo, konsumen bisa dengan sangat mudah memilih barang mana yang akan mereka beli. Meskipun ada sebagian logo yang tidak mewakili dari identitas perusahaan, akan tetapi kebanyakan logo yang ada didesain berdasarkan filosofi yang terkandung di dalamnya.
Logo Sebagai Bagian Strategi Brand

Logo juga merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari strategi branding perusahaan. Setiap konsumen memiliki pendapat yang kuat mengenai brand kesayangan mereka. Disadari ataupun tidak, pelanggan pada umumnya membentuk ikatan emosional pada merek ini bahkan seringkali mengabaikan produk atau jasa yang lebih baik karena semata-mata visibilitas dan brand recognition yang tinggi.
Jika brand sudah dikenal luas, maka brand atau merek tersebut bahkan bisa menggantikan nama dari produk yang ada di pasaran. Kamu tentu saja mengenal nama nama produk seperti odol dan Google yang pada dasarnya merupakan merk sebuah perusahaan.
Desain Logo Dapat Meningkatkan Brand Awareness
Membantu perusahaan untuk membentuk dan terlihat profesional. Ini akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk dan jasa yang ditawarkan. Karena masyarakat percaya suatu jasa atau produk dengan merek terkenal biasanya memiliki kualitas yang unggul. Seiring dengan pertumbuhan, banyak pelanggan akan tetap loyal dengan merek tersebut. Bahkan besar kemungkinan untuk seseorang memberikan rekomendasi ke orang lain atas suatu jasa atau produk yang telah dia gunakan.
Sisi desain grafis dari logo dapat meningkatkan awareness dari produk atau jasa yang ditawarkan terutama apabila nama perusahaan tersebut tidak semerta-merta menjelaskan sesuatu. Ciri khas suatu logo menjadi hal penting untuk dilakukan karena untuk membedakan antara jasa atau produk kamu dengan brand lain.

Brand image yang kuat sangatlah penting karena pada umumnya manusia lebih mudah mengingat gambar dari pada tulisan. Ada pepatah yang mengatakan “gambar berbicara setara dengan ribuan kata-kata”. Namun, bukan berarti kamu tidak boleh memasukkan kata ke dalam logo.
Dari merk atau brand dapat menjadi nilai tambah yang menguntungkan apabila sewaktu-waktu perusahaan memutuskan untuk menjual saham atau masuk pasar saham atau bursa efek Jakarta. Bahkan perusahaan tersebut dapat dinilai lebih tinggi dari nilai buku hanya karena merek.
Desain logo sangat berpengaruh pada branding suatu produk, maka dari itu, buatlah logo bisnismu dengan sangat bagus sehingga bukan hanya mudah diingat, tetapi juga bisa mewakili citra produk produk yang kamu jual.