Brand image (citra merek) berhubungan dengan penilaian konsumen atas sebuah brand. Penilaian ini tentu saja tidak muncul secara tiba-tiba, melainkan terbentuk dalam jangka waktu tertentu setelah adanya interaksi antara brand dan konsumen (customer experience). Artinya konsumen baru bisa memberikan penilaian setelah menggunakan produk atau jasa dari suatu brand.
Citra merek merupakan sebuah upaya pengelolaan suatu merek agar mendapat kesan positif dan mendalam di mata konsumen. Pengelolaan merek ini bisa dilakukan dengan upaya serta langkah positif melalui peningkatan kualitas produksi maupun kualitas produk.
Semakin konsumen merasa mendapatkan manfaat dari produk sebuah brand , maka brand image pun akan semakin meningkat. Peningkatan kualitas brand (brand value) ini perlu dilakukan secara berkelanjutan. Tujuannya adalah untuk mempertahankan minat dan loyalitas pelanggan.
Secara sekilas, brand image ini hampir sama dengan brand identity. Kendati demikian, terdapat perbedaan mendasar antara keduanya. Brand identity adalah cara brand menggambarkan dirinya di depan audiens, sedangkan brand image merupakan persepsi audiens atas brand identity.
Brand image menjadi sesuatu yang sangat penting untuk selalu dipertahankan dan dikembangkan. Hal ini karena ia menjadi gambaran reputasi dan kredibilitas yang akan digunakan konsumen sebagai pertimbangan dalam menggunakan suatu produk maupun jasa.
Berikut ini beberapa hal yang membuat brand image itu berperan penting bagi perkembangan sebuah bisnis.
Memberikan First Impression yang Kuat
Kesan pertama atau first impression memang menjadi hal yang sangat penting untuk menarik minat calon pelanggan. Bahkan, tak jarang pelanggan akan menilai suatu brand hanya dari kemasannya saja. Oleh karena itu, upayakan untuk memberikan kesan pertama yang kuat pada brand. Meskipun first impression memang tak selalu berujung pada penjualan, namun hal tersebut dapat membuat sebuah brand terlihat profesional dan terpercaya.
Adanya brand image yang baik dan positif dapat membuat perusahaan bisa memiliki segmen pasar dan kelasnya tersendiri. Hal ini berkaitan dengan keunikan dan kedudukan perusahaan di mata konsumen. Memiliki dan membuat brand image yang berkualitas akan membantu perusahaan menduduki kelasnya sendiri dan tidak bisa disejajarkan dengan pebisnis lain.
Membuat Perusahaan Memiliki Segmen Pasar Serta Kelasnya Tersendiri
Adanya brand image yang baik dan positif akan sebuah bisnis bisa memiliki segmen pasar dan kelasnya tersendiri.
Hal ini berkaitan dengan keunikan dan kedudukan perusahaan dimata konsumen. Memiliki dan membuat citra merek yang berkualitas akan membantu perusahaan menduduki kelasnya sendiri dan tidak bisa disejajarkan dengan pebisnis lain.
Menjadi Ciri Khas (Pembeda) dari Bisnis Lain
Memiliki citra merek seperti menggunakan logo atau tagline akan menimbulkan ciri khas yang menarik. Ciri khas inilah yang kemudian bisa membawa perusahaan atau produk dipandang lebih baik dari kompetitor yang ada.
Oleh sebab itu, sangat penting sekali dalam membangun citra merek atau manajemen merek dengan keunikannya masing-masing.
Dapat Menaikan Harga Produk Sesuai Kualitas
Ingin menaikan harga produk atau layanan di atas rata-rata? Hal ini tidak masalah jika sudah memiliki citra merek yang baik.
Inilah fungsi lainnya dari pentingnya penerapan citra merek pada bisnis yang ada, dengan tetap memperhatikan peningkatan kredibilitas produk. Konsumen tentu menerima jika harga produk yang dibelinya lebih tinggi dari harga umumnya, namun telah memiliki nama dan kualitas yang teruji.
Memberikan Daya Tarik Tersendiri Bagi Konsumen
Dibandingkan dengan produk yang dipasarkan tanpa branding, maka akan kalah dengan yang sudah memiliki brand image yang baik.
Inilah yang menjadi salah satu pentingnya brand image pada sebuah produk / bisnis. Jika sebuah bisnis mampu memberikan daya tarik tersendiri bagi konsumen, maka konsumen akan memiliki loyalitas terhadap jasa atau produk yang ditawarkan.
Secara bersamaan, konsumen yang puas dengan produk dan layanan yang didapat kemungkinan akan merekomendasikan pengalaman tersebut kepada orang terdekat mereka sehingga akan bisa lebih dikenal secara luas.
Mendapatkan Konsumen Baru
Brand image dapat berperan untuk menggaet konsumen baru. Konsumen yang didapatkan akan menjadi lebih luas cakupannya dan tidak terbatas pada satu segmen pasar dan demografi. Penambahan konsumen dan daya beli secara signifikan bisa cepat didapatkan jika promosi dan upaya menyentuh konsumen dilakukan secara tepat.