Pentingnya Sebuah Logo
Mengapa Logo itu Penting? Logo bukan lagi hal yang sepele lagi, meskipun bentuknya sederhana tapi manfaatnya banyak sekali. Contoh gampangnya ketika ada dua sepatu, Sepatu A logonya Nike dan Sepatu B logonya Ekin, Anda pilih yang mana?. Pada kenyataannya seseorang membedakan brand bagus dengan brand murahan adalah dengan logonya. Artinya Sebuah logo memiliki arti penting bagi pelanggan karena memiliki kesan yang terasosiasikan dengan perusahaan.
Logo adalah hal yang hampir selalu ada di setiap produk yang dikeluarkan perusahaan. Banyak bentuk ataupun jenis dari sebuah logo. Dari yang menggunakan tulisan seperti Marlboro sampai menggunakan bentuk tertentu seperti rumah, buah-buahan, dan lainnya. logo merupakan salah satu cara perusahaan untuk mencirikan produk mereka dan membedakan produk mereka dengan pesaing. Menurut Peters (1999) mengatakan bahwa logo adalah sebagai sebuah brand element, sebuah logo dapat di artikan sebagai sebuah representasi grafis atau image yang memancing ingatan-ingatan dari target brand.
Setidaknya inilah 5 Kenapa Logo itu Penting.
# 1. Logo Lebih mudah meraih perhatian
Logo dapat dengan cepat menarik perhatian pemirsa dan mengkomunikasikan nilai-nilai inti perusahaan dengan cara yang menarik. Apalagi dalam sebuah website yang rentang perhatian begitu pendek yaitu kurang dari tiga detik, Rentang perhatian yang pendek itu yang menyebabkan konsumen menilai bisnis Anda dari penampilannya.
# 2. Logo Membuat Kesan Pertama Yang Kuat
Logo adalah pengantar pertama perusahaan kepada konsumen. Jika dirancang dengan baik, dapat merangsang minat publik dan mengundang mereka untuk belajar lebih banyak tentang perusahaan. Kesan pertama ini adalah cara Anda untuk segera mengomunikasikan kepemilikan atas produk yang Anda jual ataupun layanan yang Anda tawarkan.
# 3. Logo adalah Identitas Merek Anda
Branding yang sukses adalah tentang menceritakan kisah yang akan memengaruhi emosi pelanggan – polos dan sederhana. Dan, meskipun benar bahwa desain logo hanya merupakan bagian dari merek perusahaan, itu berfungsi sebagai pijakan untuk seluruh narasi di mana merek itu dibangun.
Warna, bentuk, font – semua ini ditentukan oleh cerita yang ingin Anda ceritakan, dan logo Anda menentukan panggung untuk cerita ini. Elemen-elemen ini nantinya akan diterjemahkan dari logo Anda ke semua bahan branding Anda – kop surat, kartu nama, website, periklanan dll – yang akan menciptakan identitas merek konkret perusahaan Anda.
# 4 Logo Menciptakan Kesan Tentang Perusahaan Anda
Logo adalah titik identifikasi; mereka adalah simbol yang digunakan pelanggan untuk mengenali merek Anda. Idealnya, Anda ingin orang lain menghubungkan langsung logo Anda dengan ingatan tentang apa yang dilakukan perusahaan Anda – dan, yang lebih penting, bagaimana perasaan mereka.
Karena logo yang baik adalah elemen visual, estetika yang menyenangkan, itu memicu ingatan positif tentang merek Anda. Bahkan kenyataannya beberapa audiens mungkin akan melupakan nama bisnis Anda (jangan tersinggung – itu sifat manusia), tetapi mereka akan segera mengaitkan logo Anda dengan ingatan mereka tentang merek Anda.
# 5 Logo Memisahkan Anda dari Kompetitor
Logo perusahaan Anda memberi tahu konsumen mengapa bisnis Anda unik. Sebagai ilustrasi, mungkin ada 50 kedai kopi lain di kota Anda, tetapi Anda adalah satu-satunya yang berkomitmen untuk terus menerus melayani dan logo Anda yang hijau dan bersahaja mendorong pesan itu sampai.
Logo perusahaan yang dirancang dengan baik dapat mengkomunikasikan semuanya dari latar belakang perusahaan (profesional, santai, menyenangkan) ke misi mereka (hiburan, efisiensi, dan inovasi) melalui ikon yang tepat atau font yang tepat.
Dengan kata lain, logo Anda adalah forum untuk menyampaikan nilai-nilai Anda dan menunjukkan kepada konsumen Bahwa Bisnis Anda lebih baik.
Itulah beberapa hal yang menggambarkan Mengapa Logo itu Penting? Apakah Anda siap memiliki logo yang keren, profesional dan unik??? Kami siap membantu Anda
Kampus Desain – Jasa Desain Logo Profesional