Setidaknya ada 4 Alasan Penting Mengapa Tarif Desain Logo Relatif Mahal
1. Sebagai brand
Branding adalah salah satu hal penting yang harus dibangun oleh sebuah bisnis di era globalisasi. Hilangnya batasan membuat persaingan usaha juga semakin ketat. Lihat saja, perusahaan atau bisnis yang berasal dari luar negeri dapat berdiri di Indonesia. Bahkan tidak hanya satu dua saja jumlahnya tetapi banyak. Karenanya sebagai pelaku usaha Anda juga harus memiliki dan membangun brand dari usaha bisnis Anda. Sebuah brand yang kuat dapat dengan mudah dikenal oleh konsumennya sehingga banyaknya pesaing tidak akan berpengaruh jika brand Anda sudah kuat.
Fungsi brand identitas merupakan salah satu perwujudan dari logo untuk mampu mencerminkan karakter dan sifat bisnis, perusahaan, produk atau jasa yang diwakilinya. Hal ini bertujuan untuk membuat hal yang diwakilinya gampang dikenali, diingat, sekaligus pembeda dari yang lainnya. Konsumen yang telah mengenali produk tertentu cenderung mampu menjadi konsumen yang loyal.
2. Mengkomunikasikan nilai
Informasi yang terkandung dalam sebuah logo diharapkan dapat tersampaikan kepada konsumen. Konsumen dapat memiliki pandangan dan perilaku terhadap merek pemilik logo, perusahaan mengolah informasi ini sehingga dapat digunakan sebagai alat pengendali perusahaan. Selain itu, logo juga menjadi pengontrol serta pengawas brand image melalui opini konsumen terhadap brand. Dalam hal ini, logo hanya menyampaikan informasi untuk memberikan kesan yang diinginkan. Seperti sebuah rekomendasi yang tidak memaksa konsumen.
3. Mempresentasikan aset
Logo yang baik apabila didukung dengan produk berkualitas dan sesuai harapan konsumen, tentunya memberikan efek positif terhadap bisnis Anda. Konsumen akan lebih mudah mengenali produk Anda dan meningkatkan nilai jual produk tersebut. Semakin Anda memperbaiki kualitas produk Anda konsumen akan tetap membeli walaupun harga yang ditawarkan cukup tinggi. Hal inilah yang mendasari harga desain logo cukup tinggi mengingat peran logo dapat menjadi aset jangka panjang dan meningkatkan nilai jual produk.
4. Diferensiasi
Tujuan utama dari desain komunikasi visual yaitu sebagai promosi untuk menyampaikan informasi dengan cara menggugah perhatian konsumen sehingga informasi tersebut mudah diingat. Logo menggunakan gambar dan kalimat yang dibuat persuasif dan menarik. Melalui logo ini, merek akan menarik perhatian konsumen dan diharapkan informasi tersampaikan dan mudah diingat sehingga dapat meningkatkan penjualan produk ataupun jasa.